Saturday, May 3, 2014

Mengenalkan Tanda Baca dan Abjad Huruf Besar/Kecil


Siang tadi, dengan langkah pasti, saya bergegas menuju ke SDN Sungguminasa IV. Hari ini adalah untuk ke-2 kalinya saya ikut kegiatan nulis bareng sobat kecil yang ada disekolah tersebut. Ada sedikit perasaan bersalah karena dua minggu yang lalu saya berhalangan untuk ikut nulis bareng mereka. 
Tepat pukul 11.30, nulis bareng pun dimulai. Karena jumlah relawan yang hadir hanya tiga orang, maka kami pun membagi siswa ke dalam tiga kelompok yang masing-masing dipegang oleh satu relawan. Saya mendapat kesempatan berbagi pengetahuan dengan anak-anak yang berada di kelompok 2.  

Kegiatan hari ini lebih ditekankan pada petunjuk penggunaan tanda baca dalam menulis. Saya meminta anak-anak untuk memperlihatkan tulisan mereka sambil mengecek penggunaan tanda bacanya. Beberapa dari mereka beralasan tidak membawa buku sehingga hanya beberapa anak saja yang tulisannya bisa dikoreksi. 
 
Ketika mengecek tulisan-tulisan mereka, saya menemukan beberapa anak yang kesulitan menggunakan tanda baca seperti titik (.) dan koma (,). Bahkan ada seorang anak yang tulisannya tidak menggunakan tanda baca satupun, ditambah lagi tidak ada jarak antara setiap kata yang ia tulis. Contohnya seperti ini:

sayatinggaldiminasaindahdenganibudanayahsayasetiappagiibumembuat
kansarapansebelumsayapergikesekolah
 
Selain itu, saya juga menemukan beberapa anak yang masih kebingungan dengan penulisan huruf besar dan huruf kecil. Ada yang mencampurkan huruf kecil dan huruf besar dalam satu kata, sehingga tulisannya terlihat seperti model tulisan 'alay". Contohnya seperti ini:

saYa LeBiH sUKa maKaN KUe DaRipaDa Nasi
 
Setelah mengoreksi tulisan mereka, saya menuliskan abjad lengkap pada buku beberapa anak yang masih bingung membedakan huruf besar dan huruf kecil. Saya meminta mereka untuk latihan di rumah menuliskan abjad huruf besar dan huruf kecil tersebut sambil mengingatkan penggunaannya dalam tulisan.

Tepat pukul 12.30 kegiatan nulis pun selesai. Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama anak-anak dan relawan.

No comments:

Post a Comment