Saturday, November 20, 2010

Idul Adha di Bellingham

Idul Adha 1431 H adalah Idul Adha pertamaku yang sangat jauh berbeda dari sebelumnya. Di sini, di Bellingham, sebuah kota di US dengan jumlah komunitas muslim yang sangat sedikit, aku di beri kesempatan merasakan Idul Adha dengan suasana yang sangat berbeda. Pertama, karena aku tidak merayakannya bersama keluarga besarku (Aku menangis saat itu). Kedua, karena suasana lebaranpun terasa tak semeriah di Indonesia. Tak ada sedikitpun suara takbir terdengar di sini, tak ada makanan-makanan khas lebaran, tak ada acara kurban. Semua terasa sangat berbeda. Walaupun begitu, aku tetap merasa senang karena bisa merayakannya bersama komunitas muslim yang ada di Bellingham. 

Hari itu, aku memutuskan untuk tidak masuk kuliah. Kupikir-pikir gak apalah, sekali doang, apalagi ini bukan perayaan biasa, ini Idul Adha, salah satu hari besar bagi kami umat Islam. Dan kebetulan saat itu, aku juga mendapat undangan untuk merayakan Idul Adha bersama komunitas muslim disini di Bellingham.

Tepat jam 8.30 aku dan beberapa teman muslim lainnya berkumpul di flag pole depan apartment. Saat itu, ada 2 mobil yang mengantarkan kami ke tempat shalat Id. Awalnya kupikir kami akan shalat di sebuah gedung yang mereka sebut sebagai "Masjid", tapi ternyata kami melaksanakan shalat Id di sebuah bangunan kecil dari kayu yang terletak di tengah taman yang luas. Ketika kami datang, di sana telah banyak orang yang duduk sambil melafazkan zikir. Aku terdiam saat itu sambil berucap dalam hati "Ya Allah terima kasih karena di hari ini Kau memberiku kesempatan merayakan Idul Adha bersama mereka saudara2 sesama muslim dari belahan dunia yang lain". 

Seusai shalat Id, kami duduk dan bersilaturrahmi satu sama lain. Banyak dari mereka yang belum pernah aku temui sebelumnya. Kebanyakan dari mereka berasal dari Pakistan, Mesir dan Arab Saudi. Senang rasanya bisa berkenalan dan ngobrol dengan mereka.

Tak sampai disitu saja. Tepat jam 2 siang, aku dan beberapa teman lainnya kembali mendapat undangan "Potluck" di rumah sebuah keluarga asal Pakistan. Rumahnya terletak di Blaine, kota yang berbatasan langsung dengan Kanada. Tak bisa kulukiskan bagaimana perasaanku berada di tengah-tengah mereka dan merayakan Idul Adha bersama mereka. Setidaknya ada tempat untuk berbagi kebahagiaan di hari itu, walaupun aku tetap merasa tak lengkap tanpa keluargaku.

Happy Ied Al-Adha...:)

No comments:

Post a Comment