Saturday, April 5, 2014

Nulis Bareng Sobat LemINA

Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan kegiatan menulis bareng sobat LemINA. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membiasakan anak-anak untuk menulis sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali dalam sebulan selama 6 bulan. Untuk saat ini, di daerah Gowa, kami hanya melaksanakan kegiatan ini di satu sekolah saja yaitu SDN Sungguminasa IV. Alhamdulillah pihak sekolah mendukung kegiatan ini dan menerima kami dengan baik.



Pada pertemuan perdana ini, tema yang diangkat adalah bagian-bagian tubuh. Kegiatan hari ini masih sederhana. Kami hanya meminta siswa untuk menyimak cerita yang dibacakan oleh salah seorang relawan sambil mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang ada di dalam bacaan, dan kemudian menuliskannya diatas selembar kertas. Beberapa dari mereka mampu menuliskan hampir keseluruhan bagian tubuh yang ada dibacaan, tetapi tak sedikit pula yang hanya mampu menuliskan beberapa bagian sj. 

Keseruan dimulai ketika mereka diminta untuk menuliskan fungsi dari bagian-bagian tubuh tersebut. Wajah-wajah kebingungan mulai terlihat, dan satu persatu mendatangi relawan untuk bertanya "Kak, apa fungsinya ini?". Dan sejujurnya, kami para relawan pun agak kebingungan menjawab beberapa pertanyaan mereka. Beberapa yang membuat kami bingung, khususnya saya, adalah saat mereka menanyakan fungsi pipi, wajah, dan dagu. Tak jarang pun jawaban kami malah kedengaran aneh. Misalnya seperti dagu. Salah seorang relawan menjawab: "Dagu itu tempat tumbuhnya janggut". Well, that makes a little bit of  sense, tapi kemudian bagaimana dengan kami perempuan yang tidak punya janggut? ^_^ Jawaban lain yang juga agak aneh adalah jawaban yang berasal dari saya sendiri. Salah seorang murid menanyakan fungsi pipi. Saya pun mencoba memikirkan jawaban yang pas, tp pikiran ini sepertinya "blank". Sementara murid itu masih menatap saya seperti memelas menunggu jawaban. Dan akhirnya  saya pun menjawab "Pipi itu...untuk dicubit kayaknya dek". Untuk beberapa saat, murid tersebut menatap diam ke arahku. Saya pun terdiam dan berkata dalam hati "Thia, that was a silly answer". 
 
Walaupun minim persiapan dan masih banyak kekurangan, kegiatan hari ini bisa dibilang lancar dan seru. Semoga kegiatan menulis selanjutnya bisa lebih baik dan anak-anak bisa lebih antusias lagi untuk menulis.

3 comments:

Bunga Tongeng Andi said...

Pipi itu gunanya untuk menyembunyikan dan melindungi gigi kamu dari debu. bayangkan kalo tidak ada pipi, giginya keliatan terus. kayak tengkorak. mengerikan

Thya Muthiah said...

Iya kak, sy perbaikiji td jawabannku sm murid itu. Sy blng pipi itu untuk melindungi rahang *sambil nunjuk pipi dan tulang rahang sendiri :)

samsir2012theking said...

Pipi itu gunanya untuk mempercantik seseorang, coba bayangkan kalau tidak ada pipi. :D

Post a Comment